Senin, 07 April 2014

Siapa Bilang Bid'ah itu Sesat ??

Pengantar
Segala puji bagi Allah Ta'alaa atas karunia ini semua, sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SHALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM . ahlan wa sahlan antum semuanya, selamat datang di CATATAN ini , semoga semua apa yang tertuang di CATATAN ini bermanfaat bagi PAPA MIMIN  pribadi dan juga antum semuanya, jika ada salahnya mohon saran dan kritik dari antum semuanya. selamat membaca dan menikmat.

Dikit-dikit bid’ah, dikit-dikit bid’ah,” “apa semua yang ada sekarang itu bid’ah?!” “kalau memang maulidan bid’ah, kenapa kamu naik motor, itukan juga bid’ah.” Kira-kira kalimat seperti inilah yang akan terlontar dari mulut sebagian kaum muslimin ketika mereka diingatkan bahwa perbuatan yang mereka lakukan adalah bid’ah yang telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Semua ucapan ini dan yang senada dengannya lahir, mungkin karena hawa nafsu mereka dan mungkin juga karena kejahilan mereka tentang definisi bid’ah, batasannya dan nasib jelek yang akan menimpa pelakunya.
Karenanya berikut uraian tentang difinisi bid’ah dan bahayanya dari hadits Aisyah yang masyhur, semoga bisa meluruskan pemahaman kaum muslimin tentang bid’ah sehingga mereka mau meninggalkannya di atas ilmu, Allahumma amin.

1. Perkataan beliau “jalan/cara dalam agama”. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam:
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ
Siapa saja yang mengadakan perkara baru dalam urusan kami ini apa-apa yang bukan darinya maka dia tertolak”. (HSR. Bukhary-Muslim dari ‘A`isyah)
Dan urusan Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam tentunya adalah urusan agama karena pada urusan dunia beliau telah mengembalikannya kepada masing-masing orang, dalam sabdanya:
أَنْتُمْ أَعْلَمُ بِأُمُوْرِ دُنْيَاكُمْ
Kalian lebih mengetahui tentang urusan dunia kalian”. (HSR. Bukhory)
Maka bid’ah adalah memunculkan perkara baru dalam agama dan tidak termasuk dari bid’ah apa-apa yang dimunculkan berupa perkara baru yang tidak diinginkannya dengannya masalah agama akan tetapi dimaksudkan dengannya untuk mewujudkan maslahat keduniaan, seperti pembangunan gedung-gedung, pembuatan alat-alat modern, berbagai jenis kendaraan dan berbagai macam bentuk pekerjaan yang semua hal ini tidak pernah ada zaman Nabi Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam. Maka semua perkara ini bukanlah bid’ah dalam tinjauan syari’at walaupun dianggap bid’ah dari sisi bahasa. Adapun hukum bid’ah dalam perkara kedunian (secara bahasa) maka tidak termasuk dalam larangan berbuat bid’ah dalam hadits di atas, oleh karena itulah para Shahabat radhiallahu ‘anhum mereka berluas-luasan dalam perkara dunia sesuai dengan maslahat yang dibutuhkan.

===================================
Ustadz Maududi Abdullah, Lc:
kullu bid'atin dholalah' (semua bid'ah itu sesat) jangan pernah lanjutkan kepada Ilmu Dunia, karena Rosulullah tidak diutus untuk itu.

Soal ilmu dunia Rosulullah mengatakan “Kalian lebih tau daripada diriku tentang ilmu dunia kalian”

Tapi soal syari’at, soal agama, soal ketaatan, soal halal-haram, soal ibadah semua kalian bergantung kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam.


Kalau nabi Muhammad manusia terbaik dipermukaan bumi, manusia paling sholeh, manusia paling bertaqwa tidak berhak mengarang soal syari’at. Berhak kah anda mengarang soal syariat?

Anda tidak lebih sholeh dari nabi Muhammad itu PASTI!

Anda tidak lebih bertaqwa dari nabi Muhammad itu PASTI!

Anda tiak lebih pintar dari nabi Muhammad itu PASTI!

Ketika anda tidak lebih sholeh, tidak lebih pintar, tidak lebih mulia, tidak lebih bertaqwa PANTAS KAH ANDA MEMBUAT SESUATU?

Oleh : Ustadz Maududi Abdullah, Lc



====================================


Source
Source 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar