berikut cara2 yg di ajarkan orang2 soleh dalam hal makan :
1. cuci tangan (pastinya)
2. berdo'a dulu sebelum makan
3. sebisa mungkin makan dengan menggunakan tangan (jari2) kanan, klo bisa dengan 3 jari... telunjuk, jari tengah, jempol....
tapi ada keringanan di katakan oleh habib Abduloh bin alwi bin muhammad
al haddad sohibul rotib, klo makan nasi dengan 5 jari ndak apa2...
tanpa alat seperti sendok dan lainnya... disini kita dapat pahala sunnah dalam hal makan..
sebab apabila kita maka dengan sendok : sekarang kita pakai logika..
apabila suatu resto telah berdiri selama 10 tahun... 1 sendok itu sudah
masuk ke mulut orang, ratusan bahkan ribuan orang... tapi kalau kita
menggunakan tangan (jari) yang memakai tangan kita itu hanya kita
sendiri.. masa' tangan kite buat nyuapin orang... hahhahaha
dan satu hal, apabila istri kita memberi makan dengan menyuapi anak
nya... usahakan menggunakan tangan, karna makanan yg lewat dari tangan
seorang ibu itu lebih berkah... (usahakan jangan sampai tangan pembantu /
baby sister kita yg menyuapi anak kita).
4. klo makan dari pinggir (memutar, jadi dari pinggir dulu semua mau
mulai agak ke dalam sampai ke tengah)... jangan langsung ngambil dari
tengah2 piring (karena rahmat Allah turun ke makanan yg ada di bagian
tengah..)
5. jangan pernah menyisakan makanan (emang kita tau rahmat Allah turun
di makanan yg mana, mungkin aja sebutir nasi yg tertinggal di piring itu
yg diberikan rahmat oleh Allah SWT)
6. klo makan nasi 1 nampan beramai2.. ambil makanan yg ada di hadapanmu
(pinggiran dekat kita) jangan ngambil bagian orang lain bisa dosa malah
gara2 makan2an orang laen..
7.setelah selsai baca doa juga ya... yach minimal hamdalah..
8. cuci tangan, dengan cara :
a. teteskan sabun cair ke tangan kiri
b. jatuhkan sedikit sabun yg ada di tangan kiri ke tangan kanan
c. bersihkan tangan kanan tanpa memgang tangan kiri, setelah tangan kanan sudah rata dengan sabun
d. usap mulut kita dengan tangan tersebut, lalu bilas dengan air
e. setelah itu baru tangan kanan memgang tangan kiri.. dan membersihkan kedua tangan tersebut.
tambahan lagi gan :
1. tutup makanan / minuman klo belum mau makan...
2. apabila lupa menutup tempat aer di saat malam, jangan diminum air itu
ketika pagi hari.. karna ada waktu2 tertentu di saat malam, penyakit
turun dari langit..
masih banyak kekurangan disini dalam adab makan yg diatur oleh islam.. jadi apabila aagan da yg mau menambahkan silahkan...
silahkan yg mau mengikuti nya... yg ndak mau ya jangan koment dengan kata2 yg kontra... hehehhe
Sholatun bisalamil mubin…linugthotit ta’yii ni ya ghoroomii)6X
Nabiyyuna kaana ashlattak wiini….min ngahdi kun fayakuunu yaa ghoroomii(2X)
back to *(2X)
Ayaman ja’ana khakkon nadhiiri…mughiitsan musbilan subularoshaadi(2X)
back to *(2X)
Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah (4X)
Rosulullahiyaa dhowiil jabiini… wayaamanja’abil khakkil mubiin(2X)
back to *(2X)
Sholatulam tazal tutlaa ngalaika…kami’ thorin nasiim tuhdaa ilaika (2X)
back to * (2X)
Makna nya:
Shalawat serta salam ku persembahkan kepada mu wahai kekasih ku
Sebagai bukti keteguhan ku,wahai Nabi saw (kekasih ku)
Engkaulah sebenar2nya pemberi peringatan pada masa mu
Wahai kekasih ku,wahai Rasulullah saw yang bercahaya wajahnya penunjuk jalan kebenaran
Tak lekang sholawat tercurah pada mu wahai pembawa kebenaran,laksana hembusan angin yang kencang.
Lirik Bahasa Arab nya:
“Menjelang waktu Maghrib, alam berubah ke warna merah dan di waktu ini
kita kerap dinasihatkan oleh orang-orang tua agar tidak berada di luar
rumah. Ini karena spektrum warna pada waktu ini menghampiri frekuensi
jin dan iblis (infra-red) dan ini bermakna jin dan iblis pada waktu ini
amat bertenaga kerana mereka beresonansi dengan alam. Mereka yang sedang
dalam perjalanan juga sebaiknya berhenti dahulu pada waktu ini (solat
Maghrib dulu ). Rahasia waktu Maghrib atau warna merah ialah keyakinan,
frekuensi otot, saraf dan tulang.
Tahukah
anda bahwa warna merah yang dipancarkan oleh alam ketika itu mempunyai
resonansi yang sama dengan jin dan syaitan. Kita lebih baik untuk berada
di dalam rumah pada waktu magrib ini.”
oooh pantesan… hawa setan ternyata.. Berikut hasil search lengkapnya :
Klik Buka:
1. Waktu Subuh
Suka perhatiin ga, kalau waktu selepas subuh apalagi menjelang siang,
warna langit itu (kalau cerah) berwatna biru yang diselingi dengan merah
(orange) yang dihasilkan oleh sinar mentari yang mau terbit.
Dalam islam tidur setelah subuh itu ga boleh gan karena akan ketinggalan rizki. Seperti Sabda Rasulullah,
“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya”
(HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahih
At-Targhiib waTarhiib no, 1693)
Selain itu, mengapa kita tidak dibenarkan tidur selepas subuh adalah
karana warna biru mempertenagakan kelenjar tyroid. Bila kelenjar tyroid
kita lemah seseorang itu akan mengalami masalah kehausan sepanjang hari.
Pada Waktu Subuh Alam berada dalam spektrum warna biru muda yang
bersamaan dengan frekuensi tiroid yang mempengaruhi sistem metabolisma
tubuh. Jadi warna biru muda atau waktu Subuh mempunyai rahasia yang
berkaitan dengan rizki dan komunikasi. Mereka yang kerap tertinggal
waktu Subuhnya ataupun terlewat secara berulang-ulang kali, lama
kelamaan akan menghadapi masalah komunikasi dan rizki.
Ini karena tenaga alam yaitu biru muda tidak dapat diserap oleh tiroid
yang mesti berlaku dalam keadaan roh dan jasad dalam keadaan tidur dalam
arti kata lain lebih baik terjaga daripada tidur. Disini juga dapat
kita ambil hikmah untuk solat di awal waktu.
Bermulanya saat azan Subuh, tenaga alam pada waktu itu berada pada tahap
optimum. Tenaga inilah yang akan diserap oleh tubuh melalui konsep
resonansi pada waktu rukuk dan sujud. Jadi mereka yang terlewat Subuhnya
sebenar sudah mendapat tenaga yang tidak optimum lagi.
2. Waktu Dzuhur
Ketika ini warna kuning mendominasi atmosfera. Mengurangi makan pada
waktu kuning (siang hari) ialah amalan yang terbaik untuk menjaga supaya
pemikiran menjadi kreatif, tajam, dan peka. Ini adalah mengapa kita
amat digalakkan untuk melakukan puasa sunah Senin dan
Kamis untuk menggurangi beban kerja organ pencernaan.
Spektrum warna pada waktu ini bersamaan dengan frekuensi perut dan hati
yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Warna kuning ini mempunyai
rahasia yang berkaitan dengan keceriaan. Jadi mereka yang selalu
ketinggalan atau terlewat Zuhurnya berulang- ulang kali dalam hidupnya
akan menghadapi masalah di perut dan hilang sifat cerianya.
3. Waktu Ashar
Kemudian warna alam akan berubah kepada warna orange, yaitu masuknya
waktu Ashar di mana spektrum warna pada waktu ini bersamaan dengan
frekuensi prostat, uterus, ovarium dan testis yang merangkumi sistem
reproduktif.
Rahasia warna orange ialah kreativitas. Orang yang kerap tertinggal Asar
akan hilang daya kreativitasnya dan lebih malang lagi kalau di waktu
Asar dipakai buat tidur.
4. Waktu Magrib
Menjelang waktu Maghrib, alam berubah ke warna merah dan di waktu ini
kita kerap dinasihatkan oleh orang-orang tua agar tidak berada di luar
rumah. Ini karena spektrum warna pada waktu ini menghampiri frekuensi
jin dan iblis (infra-red) dan ini bermakna jin dan iblis pada waktu ini
amat bertenaga kerana mereka beresonansi dengan alam. Mereka yang sedang
dalam perjalanan juga sebaiknya berhenti dahulu pada waktu ini (solat
Maghrib dulu ). Rahasia waktu Maghrib atau warna merah ialah keyakinan,
frekuensi otot, saraf dan tulang.
Tahukah anda bahwa warna merah yang dipancarkan oleh alam ketika itu
mempunyai resonansi yang sama dengan jin dan syaitan. Kita lebih baik
untuk berada di dalam rumah pada waktu magrib ini.
5. Waktu Isya
Apabila masuk waktu Isya, alam berubah ke warna merah dan seterusnya
memasuki fasa Kegelapan. Waktu Isya ini menyimpan rahasia ketenteraman
dan kedamaian dimana frekuensinya bersamaan dengan sistem kawalan otak.
Mereka yang kerap ketinggalan Isyanya akan selalu berada dalam
kegelisahan. Alam sekarang berada dalam Kegelapan dan sebetulnya, inilah
waktu tidur dalam Islam dimana keseluruhan sistem
tubuh berada dalam keadaan relax / istirahat.
Saya telah diajar/belajar bahasa Inggris sejak SMP (atau mungkin sejak TK), tapi mengapa Kemampuan Bahasa Inggris Saya Kurang Berkembang? What’s wrong with me?
Pertanyaan ini mungkin sering menggerogoti fikiran anda karena bahasa
Inggris anda masih mentok di situ dan tidak kunjung meningkat. Jika
memang demikian adanya, anda semestinya perlu bersyukur karena dengan
adanya pertanyaan seperti itu, di dada anda masih ada gelora untuk bisa.
You just keep on trying! Walaupun bahasa Inggris memang
kompleks (i.e. karena vocab yang banyak, pronunciation yang tidak
konsinten, banyak perkecualian, etc.) but jika orang lain bisa kenapa
anda tidak? Yang perlu dicaritahu sekarang adalah apa yang salah; apakah
metodenya, tingkat keseriusan, ataukah mungkin karena alasan lainnya?
Setelah diketahui penyebabnya, barulah kemudian dicari solusinya.
4 Penyebab Kemampuan Bahasa Inggris Sulit Meningkat
Menurut hemat saya, penyebab utama kenapa kemampuan berbahasa Inggris kita sulit meningkat hanya ada 4.
1.Kebiasaan berbahasa Indonesiayang (maaf) jelek.
Kalau kita ngomong atau nulis, pada umumnya kita suka muter-muter (not to the point)
dan tidak terstruktur, sehingga sering kita tidak tahu mana main
subject, main verb, dan seterusnya. Lho, apa hubungannya dengan bahasa
Inggris? Jawabannya ada di poin berikut!
2. Karena kita menggunakan lebih dari satu partisi.
Ketika berbahasa Inggris, baik via speaking maupun writing, kita umumnya mempartisi otak kita menjadi 2,
yaitu partisi A untuk bahasa Indonesia dan partisi B untuk bahasa
Inggris. Pertama-tama kalimat dibuat dulu di partisi A, baru kemudian
diekspor dan ditranslate di partisi B sebelum akhirnya diekspresikan
lewat speaking or writing. Efeknya adalah pola atau grammar yang sudah
susah-payah dipelajari sejak SMP menjadi terlupakan karena partisi B
terlalu sibuk mentraslate kata demi kata yang dibuat di partisi A. Dan,
karena kalimat bahasa Indonesianya muter-muter dan tidak terstruktur,
partisi B menjadi tambah pusing dalam melakukan translasi. Akibatnya,
partisi B sering hang (macet) dan no output yang dihasilkan. Kalau pun
partisi B menghasilkan output, output tersebut umumnya masih jauh di
bawah standar, alias bahasa Inggris yang jelek. Selain itu, lawan bicara
biasanya sudah tertidur dimakan nyamuk karena kelamaan nunggu.
3. Motivasi yang tidak konsisten.
Bagi pelajar, motivasi untuk belajar bahasa Inggris pada umumnya hanya
karena ingin mendapat nilai bagus. Artinya, bahasa Inggris hanya
dipelajari waktu mau ujian, dan setelah ujian selesai bukunya sudah
mengendap entah dimana.
4. Metode belajar bahasa Inggris yang kurang tepat. Jika hanya mengandalkan daya hafal, your English will not get better.
Lantas apa solusinya?
Gunakan partisi B saja dan lupakan partisi A.
Dengan menggunakan satu partisi, grammar
anda tidak akan terkontaminasi oleh struktur bahasa Indonesia anda yang
jelek (jika misalnya memang jelek) dan komunikasi akan menjadi lebih
lancar karena berkurangnya birokrasi di dalam otak anda. Dengan
bermodalkan struktur bahasa dan vocabs yang telah dipelajari sejak SMP
sebenarnya kita sudah dapat berkomunikasi dengan santai. Believe or not? Kalau tidak percaya, silakan buat list dulu! Kelompokkan words yang sudah anda tahu ke dalam nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjunctions, prepositions, dan articles, kemudian total. Saya yakin vocabs anda sudah jauh di atas 1000. And you know what?
Dengan menguasai 1000 words saja, kita sebenarnya sudah dapat
komunikasi dengan lancar, baik di sekolah, di rumah, di mall, di bar,
atau bahkan di dalam mimpi. Dengan catatan, jika anda merasa menemui
jalan buntu, revisi saja kalimatnya dengan menggunakan words yang lain.
Ingat, ketika komunikasi dalam bahasa inggris, just use what you’ve got dan lupakan bahasa Indonesia. Anda akan rasakan bedanya.
Keep your motivation steadily high.
Dengan motivasi yang tinggi, anda akan
merasa enjoy (tidak merasa terpaksa) untuk menghabiskan waktu berjam-jam
membaca atau menghafal grammar, membuka dictionary, dan praktek bahasa
inggris. Jika anda cepat merasa bosan, itu berarti motivasi anda belum
cukup tinggi. Kalau saya dulu, sekedar contoh, motivasi itu tinggi
karena saya sangat ingin sekolah gratis di luar negeri. Lalu, apa
motivasi anda belajar bahasa Inggris?
Karena bahasa Inggris sangat kompleks,
tentu saja butuh waktu untuk mempelajarinya. Banyak teman kita menyerah
di tengah jalan karena kurang sabaran, karena terlalu ingin tiba di
garis finish dalam waktu yang singkat. Saran saya, don’t be too ambitious to touch the finish line in a very short time! Hal ini selain akan membuat fondasi grammar anda tidak kokoh, juga dapat mematahkan motivasi anda. Rileks saja, sooner or later you will get there.
Use good learning media that fit you.
Media belajar yang tepat tergantung pada
karakter dan lifestyle seseorang. Media yang tepat untuk orang lain
belum tentu tepat untuk anda, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah
beberapa saran saya dalam memilih dan memanfaatkan media yang ada:
1. Jangan gunakan kamus yang hanya berisikan arti kata saja (i.e. can = dapat, month = bulan, plough = membajak, etc). Why?
Karena kalimat-kalimat yang anda buat biasanya salah. Coba perhatikan
ke-3 contoh kalimat berikut, yang salahnya kemungkinan besar akibat dari
penggunaan kamus seperti itu:
You must can (Kamu harus bisa)
The month goes round the earth (Bulan mengitari bumi)
Three people ploughed the airplane (Tiga orang membajak pesawat itu).
2. Jika anda suka dengarkan lagu-lagu barat then keep doing so,
dan jika anda tidak dapat nangkap lirycs-nya, silakan cari di internet.
Berikut adalah manfaat dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris:
Dapat meningkatkan listening skill anda.
Dapat mengetahui how a certain word is pronounced.
Dapat membantu membangun vocabs anda karena kata-kata di dalam lagu
lebih lama melengket di dalam memori anda, apalagi lagu-lagu tersebut
bertemakan love.
Dapat membantu mengingat pola-pola kalimat tertetu. Misalnya, dari lagunya the Corrs berjudul “What can I do” dapat kita jadikan acuan tentang penggunaan modal candalam kalimat tanya.
Dan pola apa yang anda dapatkan dari lagu “It Must’ve Been Love” oleh Roxette berikut ini?
Ketika anda bersenandung kecil di kamar mandi, anda sesungguhnya sedang practice speaking, membentuk pola, etc.
3. Jika anda suka nonton DVD, then watch DVD movies.
Sub-title dari DVD movies tersebut akan membantu anda memahami
bagaimana kata-kata tertentu dilafalkan. Pilihlah movies yang paling
bagus menurut anda sehingga anda tidak merasa bosan untuk mutarnya lagi.
4. Gunakan fasilitas chatting, email, or whatever that uses English.
5. Visit Swara Bhaskara’s Englishor other English learning sites regularly untuk mendiskusikan English problems you just encountered. Dan ketika berdiskusi, sebaiknya comment ditulis dalam bahasa Inggris. The more often you write in English, the better, karena:
Practice makes perfect.
Sekedar
ilustrasi, dua dara manis ini adalah peserta Special Olympics yang
IQ-nya di bawah rata-rata tapi kenapa bahasa Inggris kedua dara ini
lebih baik dari kita? Anda pasti sudah tahu jawabannya. Yupers, karena mereka menggunakan bahasa Inggris jauh lebih sering dibandingkan dengan kita. Dengan kata lain, karena they practice English much more frequently than we do.
That’s all and good luck.
Notes
Swara Bhaskara
perkokoh fondasi dalam berbahasa Inggris. Yang pertama perlu diperkokoh
adalah penguasaan 3 tensis (dari 16 tensis yang ada) yang paling sering
digunakan dalam daily life, yaitu
Simple Present Tense
Simple Present Tense:
Formula untuk Simple Present Tense adalah:
Subject + Verb1 + Object + Modifier
Note: jika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan be: is/am/are. Is digunakan jika subject-nya singular yaitu
he, she, it dan noun yang dapat digantikan dengan subject pronoun he,
she atau it; Am jika subject-nya I; Sedangkan, are jika subject-nya you,
they, atau we. Subject pronoun I, you, they, we, dan noun yang dapat digantikan dengan I, you, they atau we disebut plural subject.
Farmers in Jati Bali grow rice crops twice a year. (Petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi dua kali setahun).
Some students usually conduct research on vegetative plant
propagations. (Beberapa siswa biasanya melakukan penelitian pada
perbanyakan tanaman vegetatif).
Transpiration starts to increase at 8 a.m. (Transpirasi mulai meningkat jam 8 pagi).
Note: Pada contoh 1 dan 2 digunakan
plural verb karena subject-nya plural, sedangkan pada contoh yang ketiga
digunakan singular verb [verb1 + (s atau es)] karena didahului oleh
singular subject.
Kapan verb1 ditambahkan huruf s dan
kapan ditambahkan huruf es sehingga menjadi singular verb yang benar?
Hampir semua singular verb dibentuk dengan menambahkan huruf s diakhir
verb1 (i.e. Verb1 + s ). Namun, mengingat jumlah verb sangat banyak,
maka yang perlu dipahami/dihafal sekarang adalah kapan kita harus
menambahkan es. Ketentuannya adalah jika verb1 berakhiran dengan huruf
“o, x, ch, y, th, s, dan sh” maka Verb1 + es.
Contoh:
Verb1
Verb1 + es
Meaning
go
do
box
watch
pinch
punch
study
cry
fly
try
press
pass
smash
brush
bath
sooth
wash
pergi
melakukan/mengerjakan
bertinju
menonton
mencubit
memukul
belajar
menangis
terbang
mencoba
menekan, tindis
lulus, meloloskan
memukul
menyikat
mandi
menenangkan
mencuci
Note:
Huruf ‘y’ yang didahului oleh konsonan berubah menjadi ‘i’ (Lihat: studies, tries, cries).
Verb have (mempunyai) berubah secara tidak beraturan menjadi has.
Pertanyaan berikutnya adalah kapan simple present tense digunakan?
Simple present tense digunakan:
1. untuk menyatakan kejadian-kejadian yang terjadi secara reguler (regular happening).
Contoh:
The sun rises in the east and sets in the west. (Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat).
The full moon comes every 30 days. (Purnama datang tiap 30 hari).
The planet earth takes 365 days to rotate the sun. (Planet bumi butuh 365 hari untuk mengelilingi matahari).
2. untuk menyatakan kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh subject kalimat (habitual action);
Kebiasaan-kebiasaan tersebut masih berlangsung sampai sekarang dan
(mungkin) akan terus berlanjut ke masa yang akan datang (future).
Contoh:
My son always goes to school on foot. (Putra saya selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
Mr. Bain usually plays badminton every Sunday morning but he did not
show up last Sunday. (Mr Bain biasanya main bulutangkis tiap minggu
pagi tetapi dia tidak muncul (tidak main) hari Minggu yang lalu).
Mr. Budi always drives a car to the office. (Mr. Budi selalu mengendarai mobil ke kantor).
3. Untuk menyatakan argumen atau teori yang sudah diakui kebenarannya.
Contoh:
The prices of goods always increase when the good availabilities
drop in market. (Harga-harga barang selalu naik ketika ketersedianya di
pasar menurun).
Solar radiation is required during photosynthesis. (Radiasi surya dibutuhkan selama proses fotosintesis).
Twenty-five divided by five is equal to five. (25 dibagi 5 sama dengan 5).
4. Untuk menyatakan/mengekspresikan keadaan atau kondisi seseorang atau sesuatu pada saat sekarang
(pada saat diekspresikan). Verbs untuk mengekspresikan seseorang atau
sesuatu ini terkait dengan proses/keadaan di dalam otak, terkait dengan
perasaan, terkait dengan panca indera, dan terkait dengan kepemilikan.
Verbs seperti ini secara kolektif disebut Stative Verbs. Verbs ini
sering kita gunakan atau dengar dalam kehidupan sehari-hari. Jadi,
perhatikan dan hafalkan verbs dalam tabel berikut!
Note: Stative verbs bersifat pasif dan
tidak digunakan dalam continuous tenses. Tetapi, beberapa stative verbs
juga dapat bersifat aktif , bermakna sedikit berbeda dengan stative
verbs, dan dalam hal ini, dapat digunakan dalam continuous tenses.
Perbedaan penggunaan verbs bersifat pasif dan aktif ini dibahas secara
lebih detail di topik Simple present tense vs present continous tense.
Contoh:
I think I know him. (Saya kira/rasa saya tahu dia).
I understand English better now. (Saya paham bahasa Inggris dengan lebih baik sekarang).
I love you very much. (Saya sangat mencintai kamu).
The song sounds good but I cannot catch every single word in it.
(Lagu itu terdengar manis tapi saya tidak dapat menangkap satu kata pun
dari lagu itu).
The snack tastes so delicious. (Camilan itu terasa begitu lezat).
I believe you. (Saya percaya kamu).
The tragic accident sometimes appears in my mind. (Kecelakaan tragis itu kadang-kadang muncul di benak saya).
She has two dogs and one cat. (Dia punya dua anjing dan satu kucing), etc.
5. Untuk menyatakan fakta yang ada
sekarang. Penekanannya lebih pada adanya fakta, bukan pada proses
terjadinya fakta.Verb yang sering digunakan di sini antara lain: consist
of, contain, include, exist, cost, be (i.e: is, am, dan are, atau be
jika mengikuti modal auxiliary).
Contoh:
She weighs more than 100 kg. She is very fat. (Dia beratnya lebih dari 100 kg. Dia sangat gemuk).
I want to buy these shoes. How much do they cost? (Saya mau beli sepatu ini. Berapa harganya?).
Cigarettes contain a lot of nicotine and other harmful substances.
(Rokok-rokok mengandung banyak nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya).
6. Untuk membuat request (permintaan/minta tolong) dan command (perintah).
Contoh:
May I borrow your pen, please? (Boleh saya pinjam pulpenmu?).
Make teams that consist of 5 people each! (Buatlah tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang).
Note: Dalam simple present tense, sering
digunakan adverb seperti: always (selalu), often (sering), usually
(biasanya), sometimes (kadang-kadang), seldom (jarang), never (tidak
pernah). Adverbs ini biasanya ditempatkan diantara subject dan verb.
Tetapi jika kalimat menggunakan be, adverb ditempatkan setelah be (Lihat
contoh 4). Walaupun disisipi adverb, bentuk verb tidak berubah.
Artinya, jika subject-nya singular (orang ketiga tunggal), verbnya tetap
singular (Lihat contoh 5). Selain adverbs, simple present tense juga
sering disisipi modal auxilliary seperti can (dapat), may (boleh,
mungkin), dan must (harus). (Lihat contoh 6). Dan ingat, gunakan plural
verb setelah modal auxilliary. Singular verb tidak pernah digunakan
setelah modal auxiliary (Lihat contoh 7). Penggunaan modal auxilliary
akan dibahas secara khusus pada posting berikutnya.
Contoh :
I usually watch Hollywood movies to maintain my English proficiency.
(Saya biasanya nonton film-film Hollywood untuk mempertahankan
kemampuan bahasa Inggris saya).
They always arrive on time. (Mereka selalu tiba tepat waktu).
My children sometimes go to Kuta Beach to practice their English.
(Anak-anak saya kadang-kadang pergi ke pantai Kuta untuk melatih bahasa
Ingggrisnya).
He is never late. (Dia tak pernah telat).
Because he seldom studies hard, he seldom gets good results. (Karena dia jarang belajar keras, dia jarang dapat nilai bagus).
Can I go now? No, you can’t. You must stay here until we finish
doing our homework. (Dapat saya pergi sekarang? Tidak. Kamu harus tetap
di sini sampai kita selesai mengerjakan PR kita).
He must go to see a doctor now. (Dia harus pergi ke dokter sekarang).
Negative Form
Bentuk negatif dari kalimat dalam Simple
Present Tense dibuat dengan menambahkan kata bantu ‘do’ atau ‘does’
(tergantung dari subject kalimat) dan not, seperti terlihat dalam
formula berikut,
Note: a) Jika kalimat positifnya
menggunakan singular verb (i.e. verb1 + s/es), gunakan kata bantu does
sebelum not dan jangan lupa untuk merubah singgular verb tersebut
menjadi verb1. Does not dapat disingkat doesn’t dan do not dapat
disingkat don’t. b) Jika kalimat positifnya menggunakan be (i.e. is, am
atau are), kata bantu do atau does tidak diperlukan. Yang perlu
dilakukan di sini hanyalah menyisipkan not setelah be, yang
masing-masing dapat disingkat menjadi isn’t/ aren’t. Kontraksi am + not
adalah ain’t, tetapi jangan gunakan kontraksi ini dalam
tulisan/percakapan formal karena sangat tidak formal.
Contoh:
The sun does not rise in the west and does not set in the east. (Matahari tidak terbit di barat dan tidak tenggelam di timur).
The full moon does not come every 15 days. (Purnama tidak datang tiap 15 hari).
The planet earth does not take 400 days to rotate the sun. (Planet bumi tidak butuh 400 hari untuk mengelilingi matahari).
My son does not always go to school on foot. (Putraku tidak selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
Mr. Bain does not always play badminton every Sunday morning. (Mr Bain tidak selalu main bulutangkis tiap minggu pagi).
Mr. Budi does not always drive a car to the office. (Mr. Budi tidak selalu naik mobil ke kantor).
I do not believe you. (Saya tidak percaya kamu).
I do not understand English better now. (Saya tidak memahami bahasa Inggris dengan lebih baik sekarang).
The song does not sound good but I can catch every single word in
it. (Lagu itu tidak terdengar manis tapi saya dapat menangkap setiap
kata di lagu itu).
The snack does not taste good. (Camilan itu tidak terasa lezat).
I do not love you very much. (Saya tidak sangat cinta kamu).
I do not always watch Hollywood movies to maintain my English
proficiency. (Saya tidak selalu nonton film-film Hollywood untuk
mempertahankan kemampuan bahasa Inggrisku).
My children do not always practice their English every Saturday
night. (Anak-anakku tidak selalu melatih bahasa Ingggrisnya setiap sabtu
malam).
He is never late. (Dia tak pernah telat).
Although he does not always study hard, he always gets good results.
(Walaupun dia tidak selalu belajar keras, dia selalu memperoleh nilai
bagus).
Yes/No Questions
Yes/No Questions untuk Simple Present
Tense dibuat dengan menempatkan kata bantu does/do atau be is/am/are
sebelum subject. Perhatikan formula berikut:
Does/Do + Subject + Verb1 + Object + Modifier?
Contoh:
Do farmers in Jati Bali grow rice crops twice a year? (Apakah petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi dua kali setahun?).
Do some students usually conduct research on vegetative plant
propagations? (Apakah beberapa siswa biasanya melakukan penelitian pada
perbanyakan tanaman vegetatif?).
Does transpiration start to increase at 8 a.m? (Apakah transpirasi mulai meningkat jam 8 pagi?).
Pola di atas khusus untuk positive
yes/no questions. Cara membuat negative yes/no questions, questions tag,
information questions, dan embedded questions
Simple Past Tense
Simple Past Tense:
Formula untuk Simple Past Tense adalah:
Subject + Verb2 + Object + Modifier
Contoh:
Farmers in Jati Bali grew rice crops 6 months ago. (Petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi 6 bulan yang lalu).
Some students conducted research on vegetative plant propagations
last year. (Beberapa siswa melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman
vegetatif tahun lalu).
Transpiration started to increase 3 hours ago. (Transpirasi mulai meningkat 3 jam yang lalu).
Note: jika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan be was jika subject-nya I, he, she, it atau noun yang dapat digantikan oleh he, she atau it, dan gunakan were jika subject-nya you, they, we atau noun yang dapat digantikan dengan you, they atau we.
Subject + (was/were) + adjective/noun
Contoh:
He was poor. (Dia (dulu) miskin).
She was a good dancer. (Dia (dulu) penari yang bagus).
They were friends. (Mereka (dulu) berteman).
Penggunaan Simple Past Tense
1. Simple Past Tense
digunakan untuk menyatakan kejadian-kejadian yang telah
berakhir (completed action), yang terjadi pada waktu yang spesifik di
masa lampau.
Contoh:
I went to Kuta beach yesterday. (Saya pergi ke pantai Kuta kemarin).
He was my boyfriend. (Dia (dulu) adalah pacar saya).
The tsunami swept Banda Aceh and more than a hundred thousand people died. (Tsunami menyapu Banda Aceh dan lebih dari seratus ribu orang meninggal dunia).
This plant was 1 meter tall last month but it is
almost 2 meters now. (Tanaman ini setinggi 1 meter sebulan yang lalu
tapi tingginya hampir 2 m sekarang).
I was a very bad badminton player a year ago but I
kick everybody’s ass now. (Saya (adalah) seorang pemain bulutangkis yang
sangat jelek satu tahun yang lalu tetapi saya mengalahkan semua orang
sekarang).
2. Untuk membuat sub-clause dari unreal conditionals tipe kedua, yaitu jika faktanya dalam simple present tense.
Contoh:
If I had a pair of wings, I would fly as high as I could. (Jika saya punya sepasang sayap, saya akan terbang setingi saya bisa).
If he were here now, he could help us solve this
math problem. (Jika dia di sini sekarang, dia dapat membantu kita
memecahkan soal matematika ini).
If my English were very good, I wouldn’t need to read this. (Jika bahasa Inggris saya sangat bagus, saya tidak perlu membaca (tulisan) ini).
Note: Dalam unreal conditional sentence, be yang digunakan selalu “were“. Hal ini dibahas secara lebih detail dalam conditional sentences (part 2).
3. Untuk membuat kalimat tidak langsung (indirect speech) jika kalimat langsungnya (direct speech) menggunakan simple present tense.
Contoh:
He said that hewas tired. (Dia berkata bahwa dia lelah).
She said that she couldn’t find her book. (Dia berkata bahwa dia tidak dapat menemukan bukunya).
He said that he missed his girlfriend. (Dia bilang bahwa dia rindu pacarnya).
Modifier of time untuk simple past tense
Keterangan waktu yang sering digunakan dalam Simple Past Tense, antara lain:
yesterday (kemarin)
ago (yang lalu). Misalnya: a minute ago, two days ago, a week ago, three months ago, two years ago, etc.
last (yang lalu). Misalnya: last week, last year, last two days, last Monday, last December, etc.
this + morning/noon/afternoon/evening.
Note: walaupun ago dan last memiliki arti yang sama, perhatikan perbedaan letaknya. Ago diletakkan setelah noun yang diterangkannya (i.e. noun + ago), sedangkan last diletakkan sebelum noun (i.e. last + noun).
Negative Form
Bentuk negatif dari kalimat dalam Past Tense dibuat dengan cara sebagai berikut:
Tambahkan kata bantu did setelah subject.
Tambahkan not setelah kata bantu did.
Rubah verb2 menjadi verb1.
Jadi, setelah ketiga tahapan dilakukan, kalimat negatifnya akan mengikuti pola sebagai berikut:
Subject + (did) + not + Verb1 + Object + Modifier
Note: Jika kalimat positifnya menggunakan to be was atau were, kata bantu did tidak diperlukan. Yang perlu dilakukan di sini hanyalah menyisipkan not setelah to be.
Contoh:
I did not go to Kuta beach yesterday. (Saya tidak pergi ke pantai Kuta kemarin).
The tsunami did not sweep Medan. (Tsunami tidak menyapu Medan).
This plant was not 2 meters tall last month. (Tanaman ini tidak setinggi 2 meter sebulan yang lalu).
I was not a very good badminton player a year ago. (Saya tidak seorang pemain bulutangkis yang sangat bagus satu tahun yang lalu).
Yes/No Questions
Yes/No Questions untuk Simple Past Tense adalah sebagai berikut:
Did + Subject + Verb1 + Object + Modifier?
Note: Jika kalimat positifnya menggunakan verb be (i.e. was atau were), tempatkan verb be sebelum subject.
Contoh:
Did farmers in Jati Bali grow rice crops 6 months ago? (Apakah petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi 6 bulan yang lalu?).
Did some students conduct research on vegetative
plant propagations last year? (Apakah beberapa siswa melakukan
penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif tahun lalu?).
Did transpiration start to increase 3 hours ago? (Apakah transpirasi mulai meningkat 3 jam yang lalu?).
Weren’t you a bad badminton player last year? (Tidakkah kamu pemain bulutangkis yang jelek tahun lalu?).
Simple Future Tense
Simple Future Tense:
Simple future tense dapat dinyatakan dengan menggunakan 3 pola berikut:
In American English, auxiliary shall (i.e. sepupunya will) sudah sangat jarang digunakan.Oleh karena itu, tulisan ini tidak membahas penggunaan shall.
Pola yang ketiga ini sama dengan Present continuous tense.
Penggunaannya khusus untuk menyatakan aktivitas yang direncanakan akan
dilakukan. (Lihat penggunaan simple future tense yang kedua).
Contoh:
Farmers in Jati Bali will grow rice crops next month. (Petani-petani di Jati Bali akan bercocok tanam padi bulan depan).
Some students are going to conduct research on vegetative plant
propagations next semester. (Beberapa siswa akan melakukan penelitian
pada perbanyakan tanaman vegetatif semester depan).
Transpiration will start to increase tomorrow morning. (Transpirasi akan mulai meningkat besok pagi).
Penggunaan Simple Future Tense
Simple Future Tense digunakan untuk
menyatakan kejadian/aktivitas yang akan terjadi/dilakukan di waktu yang
akan datang, apakah 10 menit atau 1 jam yang akan datang, besok, lusa,
minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Jika past tense
menyatakan kejadian/aktivitas setelah now (past time), simple future
tense menyatakan kejadian/aktivitas sebelum now (future time).
Berikut adalah 5 kategori penggunaan Simple Future Tense, yaitu:
1. Untuk menyatakan kejadian/aktivitas yang diprediksi akan terjadi/dilakukan.
Contoh:
According to the weather forecast, it willrain tomorrow. (Menurut ramalan cuaca, besok akan hujan).
None of us have done the homework the teacher told us to do. He willbe very disappointed when he finds out.
Ronny is going to come to my house at 7 o’clock tonight. I think Jeny, Ronny’s girlfriend, will come too.
I will probably see Janet at the cafeteria at lunch
The damage we do to our forest today will result in severe catastrophes sooner or later in the future.
Kelima contoh kalimat di atas juga dapat dinyatakan dengan pola yang kedua menjadi:
According to the weather forecast, it is going torain tomorrow. (Menurut ramalan cuaca, besok akan hujan).
None of us did the homework the teacher had told us to do. He is going tobe very disappointed when he finds out.
Ronny is going to come to my house at 7 o’clock tonight. I think Jeny, Ronny’s girlfriend, is going to come too.
I am probably going to see Janet at the cafeteria at lunch.
The damage we do to our forest today is going to result in severe catastrophes sooner or later in the future.
2. Untuk menyatakan kejadian/aktivitas yang direncanakan akan terjadi/dilakukan.
Jika aktivitas yang akan dilakukan telah direncanakan/diniatkan sebelumnya, gunakan pola yang kedua atau ketiga.
Contoh:
Ronny is going tocome to my house at 7 o’clock tonight.
He has an appointment. He is going tomeet his business partner at noon.
I amgoing to go to the shopping mall. Do you want to go with me?
The next world cup championship is going tobe held in South Africa in 2010.
He is going to leave for Bali tomorrow morning.
Kelima contoh kalimat di atas juga dapat dinyatakan dengan pola yang ketiga menjadi:
Ronny is coming to my house at 7 o’clock tonight.
He has an appointment. He is meeting his business partner at noon.
I amgoing to the shopping mall Do you want to go with me?
The next world cup championship is beingheld in South Africa in 2010.
He is leaving for Bali tomorrow morning.
3. Untuk menyatakan kesudian/kesanggupan melakukan sesuatu.
Untuk kategori ini, gunakan pola yang pertama.
Why don’t you ask John? He will happily help you do your homework.
She will voluntarily teach us how to write in English well.
Let’s go to the canteen. I will treat you. (Saya akan traktir kamu).
You look thirsty. I will get a glass of water for you.
I will open the door for you.
4. Untuk membuat main clause pengandaian yang bersifat hipotesa (hypothetical conditional);
Artinya, apa yang akan terjadi pada main clause, tergantung pada apa
yang terjadi pada anak kalimat (sub-clause) dari kalimat pengandaian
tersebut.
Contoh:
If she comes tonight, I will not go out. (Jika dia
datang malam ini, saya tidak akan keluar rumah). Sebaliknya, jika dia
tidak datang, saya akan keluar rumah.
If you study hard, your English will steadily improve. (Jika kamu belajar keras, bahasa Inggris kamu akan terus meningkat).
If we succeed, our parents will be very proud of us. (Jika kita sukses, orang-orang tua kita akan sangat bangga dengan kita).
If you apply fertilizers optimally, the crop yields will increase. (Jika kamu mengaplikasikan pupuk secara optimal, hasil-hasil tanaman akan meningkat).
If pests are controlled properly, there will be no failure in crop production. (Jika hama-hama dikendalikan secara tepat, tidak akan ada kegagalan dalam produksi tanaman).
5. Untuk membuat request dan command lebih formal atau lebih sopan.
Contoh:
Will you take care of my plants while I am gone, please! (Tolong rawat tanaman-tanaman saya selama saya pergi!).
Will you return my book tomorrow, please! I need to
study it for the exam. (Tolong kembalikan buku saya besok. Saya perlu
mempelajari untuk (mempersiapkan diri) ujian).
Will you give me some sugar, please! (Tolong beri saya sedikit gula).
Will you pick up the phone, please! (Tolong angkat telponnya).
Will you go out with me tonight, please! (Pergilah kencan dengan saya malam ini).
Note: Simple present tensejuga
dapat digunakan untuk menyatakan future time, khusus untuk
kejadian/aktivitas yang sudah terjadwal. Hanya ada beberapa verbs yang
bisa digunakan di sini, antara lain:
openclose
beginend
startfinish
arriveleave
comereturn
Contoh:
I have to transfer money now but it’s already 2 o’clock. Don’t worry. You still have time. The bank closes at 4 o’clock.
Classes begin next week.
The train arrives at 11 p.m. tonight.
The first flight leaves at 6 a.m. tomorrow.
The ceremony starts at 11. It’s about in half an hour. (Upacaranya mulai jam 11. Kurang lebih setengah jam lagi).
Modifier of time untuk Simple Future Tense
Modifier of time (keterangan waktu)yang umum digunakan pada Simple Future Tense dapat berupa:
singgle word : tomorrow (besok), soon (segera), tonight (sebentar malam). Note: Tonight
bermakna future time jika pada saat mengekspresikan suatu
kejadian/aktivitas belum malam (i.e. baru jam 5 sore, 2 sore, atau masih
10 pagi ect). Tetapi jika misalnya pada jam 8 malam anda sedang
berduaan dengan pacar, tonight berarti malam ini (i.e. bermakna now). I
am with my boy-/girlfriend tonight. I am so happy. Tonight is one of my
greatest nights in my whole life.
phrase : next week (minggu depan), next month (bulan depan), next year (tahun depan), etc.
clause : when she arrives, if the rain falls tomorrow, etc. Remember: clause (i.e. adverbial clause) untuk simple future tense selalu dalam present tense. Jangan dinyatakan dalam future tense. INCORRECT jika when she will arrive; if the rain will fall tomorrow.
Negative Form
Bentuk negatif Simple Future Tense adalah dengan menambahkan not setelah will atau setelah be. Perhatikan pola berikut:
Subject + (is/am/are/) + not + (verb1+ing)+ object + modifier
Contoh:
Farmers in Jati Bali will not grow rice crops next month (Petani-petani di Jati Bali tidak akan bercocok tanam padi bulan depan).
Some students are not going to conduct research on
vegetative plant propagations next semester (Beberapa siswa tidak akan
melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif semester depan).
Transpiration will not start to increase tonight. (Transpirasi tidak akan mulai meningkat malam ini).
According to the weather forecast, it willnot rain tomorrow.
He willnot be very happy when he finds out.
I think Jeny, Ronny’s girlfriend, willnot come.
I willnot probably see Janet at the cafeteria at lunch
Ronny is not going to come to my house at 7 o’clock tonight
He is not going to meet his business partner at noon.
I amnot going to go to the shopping mall.
He is not going to leave for Bali tomorrow morning. etc.
Yes/No Questions
Yes/No Questions untuk Simple Future Tense adalah dengan menempatkan will atau be di awal kalimat (sebelum subject):
Will farmers in Jati Bali grow rice crops next month? (Apakah petani-petani di Jati Bali akan bercocok tanam padi bulan depan?).
Are some students going to conduct research on
vegetative plant propagations next semester? (Apakah beberapa siswa akan
melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif semester
depan?).
Will transpiration start to increase tomorrow morning? (Apakah transpirasi akan mulai meningkat besok pagi?).
According to the weather forecast, will it rain tomorrow?
Will he be very happy when he finds out?
Will Jeny, Ronny’s girlfriend, come too?
Will I probably see Janet at the cafeteria at lunch?
Is Ronny going to come to my house at 7 o’clock tonight?
Is he going to meet his business partner at noon?
Are you going to go to the shopping mall?
Is he going to leave for Bali tomorrow morning? etc.
Note: Bentuk negatif
dan interogatif dari future time yang menggunakan pola present continous
tense dan simple present tense mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah
dibahas pada present continous tense dan simple present tense.