Rabu, 27 Juni 2012

Adab Makan di dalam Islam


berikut cara2 yg di ajarkan orang2 soleh dalam hal makan :

1. cuci tangan (pastinya)
2. berdo'a dulu sebelum makan
3. sebisa mungkin makan dengan menggunakan tangan (jari2) kanan, klo bisa dengan 3 jari... telunjuk, jari    tengah, jempol....
tapi ada keringanan di katakan oleh habib Abduloh bin alwi bin muhammad al haddad sohibul rotib, klo makan nasi dengan 5 jari ndak apa2...
tanpa alat seperti sendok dan lainnya... disini kita dapat pahala sunnah dalam hal makan..
sebab apabila kita maka dengan sendok : sekarang kita pakai logika.. apabila suatu resto telah berdiri selama 10 tahun... 1 sendok itu sudah masuk ke mulut orang, ratusan bahkan ribuan orang... tapi kalau kita menggunakan tangan (jari) yang memakai tangan kita itu hanya kita sendiri.. masa' tangan kite buat nyuapin orang... hahhahaha
dan satu hal, apabila istri kita memberi makan dengan menyuapi anak nya... usahakan menggunakan tangan, karna makanan yg lewat dari tangan seorang ibu itu lebih berkah... (usahakan jangan sampai tangan pembantu / baby sister kita yg menyuapi anak kita).
4. klo makan dari pinggir (memutar, jadi dari pinggir dulu semua mau mulai agak ke dalam sampai ke tengah)... jangan langsung ngambil dari tengah2 piring (karena rahmat Allah turun ke makanan yg ada di bagian tengah..)
5. jangan pernah menyisakan makanan (emang kita tau rahmat Allah turun di makanan yg mana, mungkin aja sebutir nasi yg tertinggal di piring itu yg diberikan rahmat oleh Allah SWT)
6. klo makan nasi 1 nampan beramai2.. ambil makanan yg ada di hadapanmu (pinggiran dekat kita) jangan ngambil bagian orang lain bisa dosa malah gara2 makan2an orang laen..
7.setelah selsai baca doa juga ya... yach minimal hamdalah..
8. cuci tangan, dengan cara :
a. teteskan sabun cair ke tangan kiri
b. jatuhkan sedikit sabun yg ada di tangan kiri ke tangan kanan
c. bersihkan tangan kanan tanpa memgang tangan kiri, setelah tangan kanan sudah rata dengan sabun
d. usap mulut kita dengan tangan tersebut, lalu bilas dengan air
e. setelah itu baru tangan kanan memgang tangan kiri.. dan membersihkan kedua tangan tersebut.


tambahan lagi gan :
1. tutup makanan / minuman klo belum mau makan...
2. apabila lupa menutup tempat aer di saat malam, jangan diminum air itu ketika pagi hari.. karna ada waktu2 tertentu di saat malam, penyakit turun dari langit..

masih banyak kekurangan disini dalam adab makan yg diatur oleh islam.. jadi apabila aagan da yg mau menambahkan silahkan...


silahkan yg mau mengikuti nya... yg ndak mau ya jangan koment dengan kata2 yg kontra... hehehhe



Bonus Buffer dikit:
 

2 komentar:

  1. makan ga boleh sambil jalan apalagi berdiri, kecuali dalam kondisi yg terdesak (misal, perang atau di kopaja tapi ga dapet duduk tapi udah haus tingkat tinggi).

    makan bersama, berkahnya lebih banyak.

    makan makanan yg halalan thoyiban.

    utk minum, klo dari tempat yang besar (teko misalny) ga boleh langsung, harus via gelas.

    makan jangan sambil ngomong atau bernafas, bisa keselek nanti. karena saat bernafas tenggorokan kita terbuka, dan saat menelan kerongkongan juga terbuka, klo dua saluran tersebut terbuka secara bersamaan, ini hal yg biasanya membuat kita keselek.

    #CMIIW

    BalasHapus
  2. baiknya makan makanan yg sudah dingin, karena saat makanan masih panas kadar asam nya masih tinggi.
    tapi ga boleh ditiup juga, karena kita bernafas mengeluarkan gas buangan, jadi nanti bahaya klo nempel ke makanan nya.

    BalasHapus